Sunday, May 12, 2013

Download Latihan Soal SNMPTN 2013

Prediksi Soal SNMPTN 2013 IPA dan IPS SNMPTN Adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri bagi teman-teman yang ingin masuk perguruan tinggi , admin akan kasih nih Prediksi atau latihan Soal SNMPTN 2013 IPA dan IPS GRATIS



SEMOGA BERMANFAAT

Unknown
Wednesday, May 8, 2013

Download Soal SBMPTN 2013

Blog berbagi dan belajar pada kesempatan kali ini akan membagikan SMART SOLUTION untuk menghadapi soal tes SBMPTN 2013 untuk program IPA (saintek, sains dan teknologi) dan IPS (soshum, sosial dan humaniora) maupun IPC (campuran). Ringkasan materi yang akan dibagikan adalah ringkasan untuk menghadapi soal-soal Tes Potensi Akademik (TPA) pada bagian tes penarikan kesimpulan atau tes konklusi.

Kemampuan menarik kesimpulan ini sebenarnya sudah adik-adik pelajari saat masih SMA kelas X pada mata pelajaran Matematika tentang bab Logika Matematika. Pada waktu itu adik-adik diajari bagaimana menarik kesimpulan dari beberapa premis berdasarkan pola-pola tertentu, diantaranya modus ponens, modus tollens dan silogisme.

Nah, ketiga penarikan kesimpulan tersebut, khususnya silogisme diperluas lagi sehingga mampu menjadi dasar pijakan untuk menghabisi soal-soal SBMPTN demi ambisi masuk di PTN favorit masing-masing.

File ini juga disertai dengan pembahasan soal SBMPTN disertai dengan TRIK SUPERKILAT dan TIPS-TIPS dalam menghadapi tipe soal SBMPTN.

Berikut ini adalah sebagian isi rangkumannya:

PENALARAN DEDUKTIF

Pada penalaran deduktif adik-adik dituntut kemampuan untuk menarik sebuah kesimpulan (konklusi) dari fakta-fakta yang telah disediakan pada soal. Fakta-fakta tersebut berupa premis, pernyataan atau proposisi.

KONKLUSI (Penarikan Kesimpulan)

Pada tes konklusi atau penarikan kesimpulan yang perlu ditekankan adalah tes ini bukan menguji kemampuan berbahasa Indonesia. Akan tetapi lebih dari itu, tes konklusi atau penarikan kesimpulan ini menguji kemampuan anda dalam mengolah fakta yang tersedia pada soal untuk kemudian menarik kesimpulan yang tepat.

SILOGISME KATEGORIAL

Silogisme kategorial adalah silogisme yang semua proposisinya berbentuk kategorial.
Contohnya: Bila S adalah himpunan subyek, dan P adalah himpunan predikat maka ada empat bentuk kombinasi dari term proposisi:
Semua S adalah P.
Tidak ada S adalah P.
Sebagian S adalah P.
Sebagian S bukan P.

Proposisi yang mendukung silogisme disebut dengan premis yang kemudian dapat dibedakan menjadi premis mayor (premis yang termnya menjadi predikat), dan premis minor ( premis yang termnya menjadi subjek). Yang menghubungkan diantara kedua premis tersebut adalah term penengah (middle term), dan middle term ini tidak pernah ditulis pada kesimpulan.
Contoh:
Premis Mayor : Semua tumbuhan memerlukan air.
Premis Minor : Akasia adalah tumbuhan.
Kesimpulan : Akasia memerlukan air.

Untuk rangkuman materi yang lebih lengkap silahkan download pada tautan berikut ini:


Download
Unknown
Monday, May 6, 2013

Matematika untuk SMA > Soal dan Pembahasan

Soal Matematika SMA Berikut adalah kumpulan soal - soal Ujian Nasional yang telah saya klasifikasikan berdasarkan bab, soal tersebut saya ketik dalam microsoft word. Untuk saat ini baru ada soal dan kuncinya, mudah - mudahan diwaktu yang akan datang pembahasannya bisa menyusul.
 Download Soal Ujian Nasional
Berlatih soal dalam belajar matematika itu sebuah keniscayaan, sebab tanpa berlatih soal tidak mungkin seseorang dapat dengan mudah menaklukkan soal matematika. Hari ini saya baru bisa mengupload Soal Ujian Nasional 2012 untuk paket C dan D, sisanya paket E mudah - mudahan segera menyusul.

Kalau anda mau dowload, silahkan klik link berikut :
 

Download Soal Ujian Nasional

Download Pembahasan Soal

Jika ada link yang mati atau tidak tau cara download,silahkan komen dibawah

 
Unknown

Jagoan Matematika-Yakin kamu bisa ?


Terakhir kali saya mengajar siswa IPS adalah tahun 2007, tahun ini setelah 5 tahun berlalu saya kembali mengajar siswa IPS. Mengajar siswa IPS itu berbeda dengan siswa IPA, butuh kerja ekstra agar mereka bisa memahami materi yang diajarkan.

Terlebih materi yang pertama kali harus diajarkan adalah integral, jangankan siswa IPS untuk siswa IPA saja materi ini terbilang sulit apalagi siswa IPS. Tetapi disinilah tantangannya bagaimana agar materi yang susah tersebut mudah dicerna olah siswa IPS sekalipun.

Siswa IPS memang punya karakter yang berbeda dengan siswa IPA, baik secara akademis maupun secara bakat maupun potensi yang mereka miliki. Salah satu pandangan yang kerap kali ada pada siswa IPS adalah keraguan yang lekat pada diri mereka terhadap kelemahan kemampuan akademis mereka terutama di mata pelajaran matematika.

Sehingga sebelum mengajar di kelas IPS yang pertama kali harus dilakukan guru bukan mencari metode atau teknik mengajar seperti apa yang akan diterapkan untuk siswa IPS agar mereka dapat paham materi yang diajarkan, tetapi justru yang harus dilakukan pertama kali adalah menyadarkan semua pihak baik siswa maupun guru sendiri bahwa SISWA IPS JUGA MEMILIKI KEMAMPUAN YANG HEBAT SEPERTI SISWA IPA.

Butuh waktu sampai beberapa kali pertemuan bagi saya untuk memotivasi dan meyakinkan siswa IPS yang saya ajar bahwa mereka mampu untuk menguasai matematika sehebat siswa IPA. Beberapa siswa bahkan menunjukkan kemajuan yang luar biasa setelah saya meyakinkan mereka bahwa mereka tidak selemah yang mereka pikirkan selama ini.

Memang tidak semua siswa bisa langsung menunjukkan perubahan, sebab paradigma yang melekat pada siswa IPS (bahwa siswa IPS adalah siswa kelas kedua) sudah terlalu dalam merasuki pikiran mereka, sehingga sulit bagi mereka untuk keluar dari pardigma tersebut. Namun secara perlahan saya yakin jika secara terus - menerus saya memotivasi dan meyakinkan mereka bahwa MEREKA MAMPU dan mereka merespon untuk melakukan perubahan bukan hal yang mustahil bahwa siswa IPS nantinya akan mempunyai kemampuan matematika yang setara dengan siswa IPA.

Kalau anda adalah siswa IPS dan anda masih merasa bahwa matematika itu sulit sebaiknya anda harus mulai merubah paradigma tersebut, sebab siswa - siswa IPS yang saya ajarkan bahkan mampu menunjukkan kelasnya sebagai siswa yang mahir menguasai matematika. So, jika anda adalah siswa IPS dan anda mau merubah diri anda beriktu beberapa hal yang harus anda lakukan ;

1. Rubah paradigma berpikir anda, yakinkan diri anda bahwa ANDA BISA
2. Jika anda mulai menyadari bahwa anda juga BISA, mulailah untuk rajin berlatih dengan soal-soal yang lebih banyak lagi
3. Kesabaran menjadi kunci apakah nantinya anda menjadi siswa IPS yang sukses atau siswa IPS yang GAGAL.
4. Jangan pernah berhenti
Jika anda berhenti pada satu titik karena anda MERASA ANDA TIDAK BISA/TIDAK MAMPU berarti anda sudah gagal, teruslah mencoba sampai akhirnya anda bisa.
Unknown

Paket Full Latihan soal Matematika UN 2013

15 Paket Latihan UN Matematika SD 2013
Selamat pagi para pengunjung Blog Dunia Matematika. Pada postingan yang lalu sudah memposting Latihan UN Matematika SD P1, Latihan UN Matematika SD P3, dan Latihan UN Matematika SD P4. Kali ini ILMU MATEMATIKA akan membagi-bagi gratis 15 Paket Soal Latihan UN Matematika SD.

Jika ada kemiripan dengan soal UN Matematika Aslinya, ini tidak disengaja alias kebetulan semata. Latihan ini dibuat sesuai dengan SKL UN SD 2013, jadinya pas banget buat Adik-adik yang lagi menunggu detik-detik UN, sambil menunggu mencoba menjawab soal-soal ini.
Unknown

Rumus dan fungsi Matematika pada Microsoft Excel



RUMUS FUNGSI MATEMATIKA
Fungsi Matematika Bentuk Penulisan Fungsi Kegunaan Contoh Instrumen
SUM =SUM(range) untuk menghitung jumlah suatu range =SUM(C3;C10)
AVERAGE =AVERAGE(range) untuk menghitung rata-rata dalam suatu range =AVERAGE(C3;C10)
COUNT =COUNT(range) untuk menghitung banyaknya data dalam suatu range =COUNT(C3;C10)
MAX =MAX(range) untuk menghitung nilai terbesar dalam suatu range =MAX(C3;C10)
MIN =MIN(range) untuk menghitung nilai terkecil dalam suatu range =MIN(C3;C10)

Selamat mempraktikan bila ada kesusahan silahkan komen dibawah
Unknown
Sunday, May 5, 2013

Kelulusan ujian nasional (UN) 2013


Ujian Nasional 2013 untuk tingkat SMA/MA/SMK baru saja usai. Begitu banyak kejadian dan berita terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini, mulai dari keterlambatan pendistribusian soal di 11 Provinsi sampai dengan temuan tentang kecurangan-kecurangan yang terjadi selama pelaksanaan UN 2013. Bahkan sudah ditayangkan di telivisi tentang kebocoran soal ujian dan modus operandi jual beli kunci jawaban soal ujian nasional tahun 2013 ini.
Terlepas dari permasalahan itu semua, semoga saja pelaksanaan UN ini dapat memberi manfaat seperti yang diharapkan oleh para pemangku kebijakan.
Kembali ke topik--sesuai dengan judul postingan ini, saya tidak akan membahas segala peristiwa di atas karena bukan pakarnya. Bahkan andai pun bisa memberi solusi tetap saja kecil kemungkinannya akan didengar oleh pihak-pihak terkait yang berwenang--dalam hal ini adalah Pemerintah dan kementrian Pendidikan Nasional.

Berikut ini adalah sedikit penjelasan terkait dengan kriteria kelulusan ujian nasional 2012/2013 untuk tingkat SMP/SMA dan yang sederajat. Sebenarnya penjelasan tentang syarat dan kriteria kelulusan sudah tercantum jelas di POS UN 2013 dan juga sudah saya tulis di sini, tetapi banyak pembaca dari blog ini yang masih kesulitan memahaminya. Untuk itu saya mencoba membuat beberapa simulasi nilai untuk menentukan lulus atau tidaknya siswa.

Silahkan perhatikan gambar tabel di bawah ini:
Unknown

Cara cepat menghitung untuk anak TK dan SD

Jadi keingat masa SD dulu, kalo belajar gak ada yang beginian, semua serba manual. Yups untuk ibu-ibu dirumah atau bapak-bapak yang mau ngajarin anaknya belajar, monggo saya bantu ini ada game yang gak kalah menarik dengan belajar manual, dijamin mudah untuk dipahami dan asyik serta tidak membosankan. Untuk yang udah SMP/SMA/SMK/PT jangan sepele sama game in
kalo mau main silahkan download
Unknown

Rangkuman Matematika Kelas VII, VIII dan IX SMP> cepat menghitung PDF

Ringkasan matematika SMP ini sebelumnya sudah saya upload di blog pribadi saya per post per bab,untuk kali ini saya upload sekaligus pada satu postingan ini. Mudahan-mudahan bisa berguna, bermanfaat, bisa mencerdaskan anak bangsa yang mau berkonsentrasi untuk belajar buakan berkonsentrasi untuk yang lainnya.
Silakan unduh file-file Ringkasan Matematika SMP, Rangkuman Matematika kelas VII, VIII dan IX SMP di bawah ini “Gratis”,
Ringkasan Matematika SMP
Unknown SMP
Thursday, May 2, 2013

Cepat menghitung Bangun Ruang > Matematika

Dalam ilmu matematika bangun seperti kubus, balok, tabung, kerucut, limas, bola, dll merupakan bagian dari bangun ruang. dalam artikel kali ini saya akan coba ulas tentang rumus bangun ruang yang ada di dalam ilmu matematika seperti rumus kubus, rumus tabung, rumus kerucut, rumus limas. untuk mengetahui luas dan volume masing-masing bangun ruang.
Bangun ruang sedikit agak berbeda dari bangun datar dalam menentukan rumus nya yang tegantung dari bentuknya bangun masing-masing karena secara umum bentuk dari bangun ruang adalah 3 dimensi yang mempunyai isi berbeda dengan bangun datar yang hanya 2 dimensi. Mungkin untuk lebih detailnya silahkan di simak penjelasan singkatnya di bawah ini :
1. KUBUS


Unknown
Wednesday, May 1, 2013

(Jurnal Full) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTS

Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Sedangkan pengertian belajar sendiri menurut Cronbach dalam Sarjono (2000: 21) mengatakan “Learning is shown by change in behavior as result of experience”. Atau menurut Cronbach, belajar yang sebaik-baiknya adalah dengan mengalami. Menurut Thorndike dalam sarjono (2000: 21) belajar adalah suatu usaha untuk membentuk hubungan antara perangsang dan reaksi. Menurut Pavlon dan Watson dalam sarjono (2000: 21) belajar dipandang sebagai usaha untuk membentuk refleks-refleks baru.
Matematika menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan(2003: 6) merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.

Unknown