Mengenal Bilangan Matematika UMS

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang di UN-kan. Perlu diketahui juga matematika disamping mapel UN, matematika juga merupakan mata pelajaran induk dari semua mapel yang ada. Apabila siswa dalam pelajaran matematika bugas, dalam pelajaran lainnya juga kebanyakan bagus. Hal inilah yang menjadi kunci pokok sebagai siswa dapat dikatakan pintar apabila dalam konteks
menguasai mata pelajaran sain khususnya matematika yang mengandalkan pada perhitungan.

Pembelajaran matematika SMK sangat perlu diterapkan dalam kejuruan. Pasalnya materi matematika sangat berhubungan dengan konteks ilmu kejuruan. Sebagai contoh dalam program keahlian teknik otomotif, disitu terdapat perhitungan dalam pengukuran komponen-komponen mesin. Kemudian contoh lain pada program ekahlian keuangan akuntansi, disitu terdapat perhitungan tentang istilah piutang, laba, rugi, dan lain sebagainya. Memang matematika sangat kontekstual dalam penerapan kehidupan sehari-hari terutama dalam aplikasi kejuruan pada SMK.

Dari segi proses pembelajaran matematika di SMK, perlu diketahui bahwa pengaplikasian matematika justru sangat penting agar siswa dapat memaknai arti pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, khusus bagi siswa kelas XII SMK harus dapat menguasai konsep matematika dalam kejuruan. Pasalnya konsep matematika SMK dari segi kognitif siswa sangat diperhatikan, apalagi dalam menghadapi UN yang hanya mengandalkan ranah kognitif (pengetahuan).

Pembelajaran matematika SMK harus mempunyai kekhususan bagi kelas XII, artinya perlu ada perhatian khusus untuk kelas XII dalam mempersiapkan diri dalam mengahadapi UN. Walaupun matematika dijadikan sebagai momok menakutkan, siswa kelas XII harus dapat menanggulanginya dengan mempersiapkan diri secara matang agar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Untuk itu, bagi siswa SMK kelas XII pentingnya mempersiapkan diri menjelang UN dalam mata pelajaran matematika sangat diperlukan yaitu berbagai cara yang perlu diterapkan, seperti lebih serius dalam mempelajari materi matematika, memperbanyak latihan soal-soal UN yang ada, serta perlunya memahami konsep matematika dalam kejuruan.

Oleh karena itu, antara pemahaman konsep matematika dengan aplikasi matematika sangat diperlukan agar siswa SMK lebih semangat dalam mempelajari matematika. Kemudian juga perlu diketahui bahwa dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi UN, siswa kelas XII harus dapat berinovasi berbagai cara dalam memahami materi matematika agar dapat mencapai hasil UN yang maksimal. Jadi, disamping pentingnya menghadapi UN sebagai penilaian aspek kognitif juga perlu adanya penilaian aspek afektif dari segi sikap siswa serta juga psikomotor dalam proses penerapan matematika dalam kejuruan.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bilangan dengan judul Mengenal Bilangan Matematika UMS. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://matematikaums.blogspot.com/2015/05/mengenal-bilangan-matematika-ums.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, May 29, 2015

Belum ada komentar untuk "Mengenal Bilangan Matematika UMS"

Post a Comment