(Jurnal Full) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTS

Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Sedangkan pengertian belajar sendiri menurut Cronbach dalam Sarjono (2000: 21) mengatakan “Learning is shown by change in behavior as result of experience”. Atau menurut Cronbach, belajar yang sebaik-baiknya adalah dengan mengalami. Menurut Thorndike dalam sarjono (2000: 21) belajar adalah suatu usaha untuk membentuk hubungan antara perangsang dan reaksi. Menurut Pavlon dan Watson dalam sarjono (2000: 21) belajar dipandang sebagai usaha untuk membentuk refleks-refleks baru.
Matematika menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan(2003: 6) merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.


Dalam pembelajaran matematika agar mudah dimengerti oleh siswa, proses penalaran induktif dapat dilakukan pada awal pembelajaran dan kemudian dilanjutkan dengan proses penalaran deduktif untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa.
Pengajaran menurut Rohani (2004: 4) merupakan perpaduan dari dua aktivitas, yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas belajar. Pengajaran matematika akan bisa disebut berjalan dan berhasil dengan baik, manakala ia mampu mengubah diri peserta didik selama ia terlibat di dalam proses pengajaran itu, dan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung.

Pembelajaran matematika memerlukan media yang sesuai, karena menurut Reys dalam Karso (2007: 40) menyatakan matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola berfikir, suatu seni, suatu bahasa dan suatu alat. Menurut Tambunan dalam Karso (2007: 42) menyatakan matematika adalah pengetahuan mengenai kuantiti dan ruang, salah satu cabang dari sekian banyak ilmu yang sistematis, teratur dan ekstrak.
Menurut Herman Hudoyo dalam Karso (2007: 40). secara singkat mengatakan bahwa matematika berkenaan dengan ide-ide, konsep-sonsep abstrak yang tersusun secara hierarkis dan penalarannya deduktif. Pembelajaran matematika di kelas ditekankan pada keterkaitan antara konsep-konsep matematika dengan pengalaman anak sehari-hari. Selain itu, perlu menerapkan kembali konsep matematika yang telah dimiliki anak pada kehidupan sehari-hari atau pada bidang lain juga sangat penting dilakukan.


Jangan lupa Passwordnya 5W5iYboc
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul (Jurnal Full) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTS. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://matematikaums.blogspot.com/2013/05/jurnal-full-pengaruh-penggunaan-media.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Dua Putra - Rabu, 01 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "(Jurnal Full) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTS"

Poskan Komentar